News

5 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

5-Manfaat-Sarapan-Pagi-Bagi-Kesehatan

Sebelum memulai aktivitas seringkali orang menyepelekan untuk makan di pagi hari, padahal sarapan amat penting sebagai sumber tenaga dalam sehari. Berbagai alasan seperti sudah terlambat, malas, tidak terbiasa, hingga sakit perut, menyebabkan orang enggan untuk sarapan pagi. Namun ternyata sarapan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, loh, bukan hanya untuk orang dewasa saja tetapi juga untuk anak-anak. Membiasakan sarapan pagi memiliki manfaat seperti:

  1. Sumber energi
    Energi diperlukan tubuh untuk dapat beraktivitas dalam sehari. Usahakan untuk selalu sarapan pagi sebagai sumber energi memulai aktivitas Anda.
  2. Meningkatkan konsentrasi otak
    Otak memerlukan sumber energi untuk berpikir dan konsentrasi dengan baik. Sumber energi tersebut dapat diperoleh dengan mengonsumsi sarapan pagi. Hal ini amat penting terlebih untuk anak-anak usia sekolah agar mereka dapat menyerap pelajaran dengan baik.
  3. Mengontrol berat badan
    Sarapan pagi juga baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, loh. Karena dengan sarapan dapat mengontrol nafsu makanan berlebih di siang hari.
  4. Mengembalikan metabolisme tubuh
    Saat bangun pada pagi hari, kadar gula dalam tubuh menurun drastis. Oleh karena itu tubuh memerlukan asupan karbohidrat sebagai sumber energi untuk memulai aktivitas serta mengembalikan metabolisme dan kadar gula.
  5. Mencegah penyakit
    Apabila Anda tidak sarapan pagi maka tubuh akan mengambil cadangan gula dari lapisan otot dan liver yang disebut glycogen. Hal ini dapat berakibat pada timbulnya penyakit maag dan keluhan di lambung.

Berikut ini beberapa makanan yang baik dikonsumsi di pagi hari:

  • Roti
  • Susu
  • Telur
  • Sayuran
  • Buah-buahan
  • Sedikit nasi

Apabila Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan sarapan pagi, Anda dapat memilih roti tawar untuk dijadikan sandwich atau mengonsumsi roti aneka rasa yang sudah siap santap. Pastikan untuk selalu memulai aktivitas harian Anda dengan sarapan terlebih dahulu agar tubuh tetap sehat dan dapat beraktivitas hingga malam hari.